Mantan Mendikbud Daoed Jusuf Tutup Usia

Mantan Mendikbud Daoed Jusuf Tutup Usia

Mantan Mendikbud Daoed Jusuf Tutup Usia

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tutup usia pada Selasa (23/1/2018) di RS Medistra Jakarta./IKR

(Jakarta/Itjen Kemendikbud) – Dunia pendidikan kembali kehilangan sosok pejuangnya, Daoed Joesoef mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet pembangunan III periode tahun 1978 – 1982 berpulang ke pangkuan Tuhan yang Maha Esa, Selasa (23/1/2018) malam. Inspektur Jenderal Daryanto mewakili Mendikbud Muhadjir Effendy melawat ke kediaman almarhum di jalan Bangka Jakarta Selatan pada Selasa (24/1/2018) pagi. Dalam acara pemakaman, Daryanto mengungkapkan rasa duka yang mendalam, “Bangsa Indonesia telah kehilangan sosok pejuang pendidikan, seorang pemerhati pendidikan, dan seorang yang menjunjung tinggi integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.”
Irjen Kemendikbud juga menyampakan bahwa jasa dan bakti almarhum akan selalu dikenang sebagai orang yang menjunjung tinggi profesi pendidik.

Mantan Mendikbud Daoed Jusuf Tutup Usia

Pemakaman Mantan Mendikbud Daoed Jusuf dilakukan secara militer./IKR

Daoed Joesoef dilahirkan di Kota Medan, Sumatera Utara, pada 8 Agustus 1926. Daoed menempuh pendidikan di HIS, Medan (1939); MULO-Tjuu Gakko, Medan (1944); SMA, Yogyakarta (1949); Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Jakarta (1959); Program Master, Universite de Paris I, Pantheon-Sorbonne, Perancis (1969); Doctorat de L’Universite, Universite de Paris, Perancis (1965); Docteur d’Etat es Sciences Economiques, Universite de Paris I, Pantheon-Sorbonne, Perancis (1973).
Daoed Joesoef menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan III (1978 – 1982). Jenazah Daoed disemayamkan di pemakaman Giri Tama Bogor, Jawa Barat. Proses pemakaman dilakukan secara militer yang sebelumnya dilakukan upacara serah terima jenazah dari pihak keluarga kepada negara.

Mantan Mendikbud Daoed Jusuf Tutup Usia

Irjen Kemendikbud Daryanto melawat mewakili Mendikbud Muhadjir Effendy pada Rabu (24/1/2018) pagi./IKR

Segenap keluarga besar Inspektorat Jenderal turut mendoakan agar almarhum diampuni segala dosanya serta ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

“Pendidikan merupakan kunci kemajuan suatu bangsa. Tidak ada bangsa yang maju, yang tidak didukung pendidikan yang kuat” – Daoed Joesoef

(NHR/MBS/RIN)

Tag:

PROGRAM SIAR


Pertanyaan, Kritik, dan Saran

HUBUNGI KAMI


Address:

Gd. B Lantai 3 Inspektorat Jenderal

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jln. Jenderal Sudirman Senayan

Jakarta 10270

Phone:

021 573 71o4

posel:

radio.itjen@kemdikbud.go.id