Tanda Tangani Pakta Integritas, Pegawai Itjen Komitmen Berantas KKN

Tanda Tangani Pakta Integritas, Pegawai Itjen Komitmen Berantas KKN

Tandatangani Pakta Integritas, Pegawai Itjen Komitmen Berantas KKN

Para pejabat dan pegawai Itjen setelah menandatangani Pakta Integritas di ruang sidang lantai 6, gedung B Itjen Kemendikbud, Jakarta, Senin (15/1/2018).

(Jakarta/Itjen Kemendikbud)-Sebanyak 53 (lima puluh tiga) pegawai Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang terdiri dari pejabat eselon II-IV beserta perwakilan auditor secara simbolis menandatangani pakta integritas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Dalam waktu dekat, seluruh pegawai akan menandatangani pakta integritas tersebut.

Penandatanganan Pakta Integritas dilaksanakan di Gedung B Lantai 6 Itjen Kemendikbud, Senin (15/1/2018). Sekretaris Itjen Sanusi dalam sambutannya menjelaskan bahwa penandatanganan ini dimaksudkan untuk memperkuat komitmen pegawai agar berintegritas dan terhindar dari praktik korupsi. “Penandatanganan ini akan meningkatkan dan memperkuat komitmen pejabat secara akuntabel dan bebas dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN),”.

Dalam pakta integritas tersebut, terdapat 8 (delapan) janji yang wajib ditunaikan, yaitu sikap kepatuhan terhadap peraturan kepegawaian, bersikap untuk memberi contoh teladan, bersikap transparan, jujur dan akuntabel dalam melaksanakan tugas, selalu berusaha memenuhi standar kerja/profesi sebagai PNS, selalu berperan proaktif dalam mencegah KKN, menghindari tindak gratifikasi, menghindari konflik kepentingan, serta menyampaikan segala bentuk penyimpangan integritas yang terjadi di lingkungan Kemendikbud.

Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan survey Integritas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kemendikbud telah berada pada taraf yang cukup bagus, namun demikian diperlukan kesatupaduan dari seluruh pemangku kepentingan agar praktik KKN dapat diberantas habis di lingkungan Kemendikbud. “Di Itjen sendiri kita hanya memiliki 380 auditor untuk mengawasi dana pendidikan yang besarnya mencapai 400 triliun. Dalam hal ini Itjen tidak bisa sendiri, diperlukan kerja sama dari berbagai pihak,” kata Daryanto.

Penandatanganan pakta integritas selain diwakili oleh perwakilan Kepala Bagian Hukum Tata Laksana dari 8 (delapan) unit utama, juga turut disaksikan oleh perwakilan dari KPK, Sugiharto. Dalam paparannya mengenai gratifikasi, dijelaskan mengenai seluk beluk gratifikasi, tat acara pelaporan gratifikasi secara daring (dalam jaringan), serta praktis bagaimana menghindari perilaku gratifikasi yang berkaitan dengan jabatan. (MBS)

PROGRAM SIAR


Pertanyaan, Kritik, dan Saran

HUBUNGI KAMI


Address:

Gd. B Lantai 3 Inspektorat Jenderal

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jln. Jenderal Sudirman Senayan

Jakarta 10270

Phone:

021 573 71o4

posel:

radio.itjen@kemdikbud.go.id