​Kemendikbud Gelar Diskusi Penguatan Karakter Melalui Lima Hari Sekolah

​Kemendikbud Gelar Diskusi Penguatan Karakter Melalui Lima Hari Sekolah

Like
57
0
Rabu, 14 Juni 2017
ARTIKEL PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN

(Jakarta/Itjen Kemendikbud)-Guna menunjang langkah strategis perbaikan sekolah di tahun ajaran baru bidang Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan diskusi pendidikan dengan tema “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Lima Hari Sekolah” di kantor gedung A Kemendikbud Jakarta pada Rabu (14/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Hamid Muhammad sebagai narasumber. “Penguatan karakter melalui lima hari sekolah berdasarkan pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah yang mengatur tentang jumlah hari dan jam yang digunakan oleh guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik,” ujarnya.

Menurut Hamid, peraturan lima hari sekolah dengan 8 jam belajar, akan diselenggarakan bertahap sesuai dengan kesiapan kepala dinas setempat. Aturan baru ini rencananya dimulai pada Juli 2017, tetapi tidak berlaku atau tidak diwajibkan untuk pendidikan TK, PAUD, dan Sekolah Luar Biasa.
Tujuan dibentuknya peraturan lima hari sekolah adalah untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi tantangan perkembangan era globalisasi.

“Untuk tenaga kependidikan atau guru, proses pembelajaran peserta didik dapat ditungkatkan melalui ekstrakulikuler agar dapat mengembangkan potensi, bakat, kepribadian, dan kemandirian peserta didik,” kata Staf Ahli Mendikbud Bidang Pendidikan Karakter Ari Budiman.

(Radio Itjen Kemdikbud/Widy)

Untuk tenaga kependidikan atau guru, hari sekolah dipergunakan untuk melaksanakan beban kerja guru, di antaranya, merencanakan pembelajaran, menilai hasil, melatih peserta didik, dan melaksanakan tugas pokok.
Ada pun untuk mekanisme lima hari kerja, yang salah satunya mengatur tentang beban kerja guru, tertuang sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2017. (YAN)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Menu Title