Cegah Perundungan Butuh Kerjasama Banyak Pihak

Cegah Perundungan Butuh Kerjasama Banyak Pihak

2
120
0
Jumat, 28 Juli 2017
ARTIKEL PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN

(Jakarta, Itjen Kemendikbud) – Inspektur Jenderal Daryanto menjadi narasumber pada acara salah satu stasiun Televisi Swasta dengan tajuk perundungan(bullying), Jumat malam (28/7). Hadir sebagai narasumber dalam acara ini Desy Ratnasari (Komisi 8 DPR RI), Retno Listyarti (Sekjen FSGI), serta Reza Indragiri Amril selaku Kabid Pemenuhan Hak Anak Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI).

Tindakan perundungan (bullying) hadir dalam berbagai bentuk di sekolah. Guna menanganinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengeluarkan Permendikbud khusus tentang hal tersebut, salah satunya adalah Permendikbud 82 Tahun 2015 tentang Pencegahanan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.”Sejumlah Peraturan Menteri dikeluarkan untuk melatih budi pekerti, lalu mencegah lingkungan sekolah dr asap rokok juga dari kekerasan”, tegas Daryanto.

Irjen juga mengatakan bahwa pelaku dan korban perundungan atau bullying telah dipayungi oleh aturan dan undang-undang sebagai hak dari setiap anak. Jika hal tersebut dilihat dari kacamata psikologis anak yang menjadi korban maupun pelaku bahwa mereka masih memiliki perjalanan waktu yang panjang yang harus di jaga bersama. “Kita tidak hanya melihat saja, kita harus melakukan pembinaan yang baik yang di mulai dari rumah dan jangan lupa bahwa Media massa dan sosial tentu juga memberikan peran penting dalam segi kembang anak menjadi positif”, kata Irjen.

Pendapat Reza Indragiri mengenai sanksi pencabutan Kartu Jakarta Pintar(KJP) dan mengeluarkan siswa dianggap berkebalikan dengan filosofi penghukuman terhadap anak. Anak-anak yang bertindak anarkis memang harus diberi sanki agar ada efek jera dan pembelajaran. Namun, sanksi jangan sampai menghilangkan hak mereka sebagai anak. Pendapat tersebut juga diamini oleh Daryanto. “Saya sepakat bahwa hak anak untuk sekolah harus tetap dilindungi,” ungkap Irjen.

Lebih lanjut Inspektur Jenderal juga mengatakan bahwa pencegahan perundungan membutuhkan kerjasama banyak pihak. “Keluarga, masyarakat, media penting dalam membentuk karakter anak agar tercegah dari perundungan”, tambahnya. (NHP/MBS)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Menu Title