​Tingkatkan Upaya Pencegahan Tipikor, Kemdikbud dan KPK Tanda Tangani Nota Kesepahaman

​Tingkatkan Upaya Pencegahan Tipikor, Kemdikbud dan KPK Tanda Tangani Nota Kesepahaman

Like
60
0
Kamis, 03 Agustus 2017
BERITA

(Jakarta, Itjen Kemendikbud) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sepakat menandatangani Nota Kesepahaman Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Kemendikbud dalam rangka penumbuhan dan pembentukan Karakter berintegritas ke seluruh lapisan pemangku kepentingan Kemendikbud. Acara penandatanganan dilakukan di kantor Kemendikbud Jakarta pada Kamis (3/8/2017)

Sebelum melakukan penandatanganan nota kesepahaman, Mendikbud Muhadjir Effendy dan Ketua KPK Agus Rahardjo saling menyampaikan materi terkait pelaksanaan dan pemahaman Pendidikan Berkarakter pembentuk insan berintegritas dalam implementasinya ke lapisan pelaksana pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Mendikbud menyampaikan bahwa salah satu faktor yang merusak dan melemahkan sendi-sendi kehidupan bangsa adalah Korupsi. Menurutnya, praktik-praktik korupsi di Indonesia cukup memperihatinkan.

“Korupsi tidak hanya terjadi secara terang-terangan (hard corruption) seperti suap, perbuatan curang, dan merugikan keuangan negara, tetapi korupsi juga bisa terjadi secara tersamarkan (soft corruption) seperti melaksanakan kegiatan yang tampak rapi, padahal sejatinya tidak memiliki kemanfaatan dan kemaslahatan bagi rakyat,” ujar Mendikbud.

Ketua KPK juga menyampaikan agar Unit Pengendalian Gratifikasi Kemendikbud dapat berjalan dengan baik dan selalu berkoordinasi dengan KPK terkait pelaporan gratifikasi dan LHKPN agar dapat terbangun konsolidasi yang baik antarlembaga.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan akan bahaya korupsi. Seperti juga yang pernah disampaikan Mendikbud bahwa memberantas korupsi adalah tugas bersama dan diharapkan Kemendikbud menjadi hulu dalam hal pemberantasan korupsi. (NHR)

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Menu Title