Sejarah Radio Itjen

November 2012 Radio Itjen pertama kali mengudara. Berawal dari seringkalinya kemendikbud mendapat pemberitaannya negatif dari media massa, sehingga timbul ide untuk membuat media berita untuk mengimbanginya. Gagasan ini dibawa oleh Haryono Umar selaku Inspektur Kemendikbud kala itu. Beberapa pejabat dan pegawai yang memiliki minat terhadap musik menyambut baik gagasan itu, kemudian langsung merancang sebuah media dengan biaya terjangkau dan tidak membutuhkan banyak tempat. Beberapa hari setelah gagasan diungkapkan, Radio Itjen mengudara langsung dari ruangan 1,5 x 2,5 meter di belakang ruang resepsionis Itjen Kemendikbud dengan format streaming dan penyiar berasal dari personil Itjen Kemendikbud sendiri.

Untuk lebih menguatkan diri di peta permusikan, Radio Itjen juga mengajak Indie Radio Indonesia (IRO) bekerjasama untuk menyediakan band-band yang ingin mempublikasikan karyanya di Radio Itjen.

2013 Kegiatan Radio berkembang. Selain dari menyiarkan berita dan lagu dari ruang siaran, Radio Itjen juga melakukan siaran langsung dan siaran tunda liputan acara. Siaran liputan acara ini berbentuk video dan bisa diakses di laman Youtube Radio Itjen, link di laman www.radio.itjen.kemdikbud.go.id, ataupun beranda Facebook Radio Itjen. Tujuan dari kegiatan siaran langsung ini adalah agar publik lebih mengetahui keberadaan Radio Itjen, dan juga agar publik mengetahui apa yang sedang dilakukan Itjen Kemendikbud.

Di tahun yang sama, Radio Itjen juga mendapat prestasi pertamanya sebagai penjaga stand terbaik ke tiga dalam acara Pekan Anti Korupsi yang digelar KPK di Senayan.

2014 di tahun ini Radio Itjen kembali mencatat prestasi sebagai penjaga stand terbaik harapan 1 dalam acara Hari Pendidikan Nasional yang digelar di Jogjakarta.

2015
Radio Itjen sudah lebih terlihat eksistensinya di mata masyarakat luas, terbukti dengan mulai diundangnya radio di liputan acara berkala nasional, seperti untuk menyiarkan langsung rakornas BPKP.

Selain itu ditahun yang sama diluncurkan posko pengaduan Itjen melalui media Radio Itjen, sebagai salah satu fungsi media ini yaitu penampung aspirasi dan pengaduan dari masyarakat.

Di tahun ini pula, Radio Itjen berhasil menorehkan prestasi berupa penjaga stand terbaik (juara pertama) dalam acara Pekan Anti Korupsi yang digelar KPK di Lapangan Sabuga, Bandung.

Menu Title